Mengecek Keaslian Suatu File Dengan Checksum, Menggunakan PHP

Mengecek Keaslian Suatu File Dengan Checksum

Jika kita mendowload suatu file atau aplikasi, terutama yang berbasis opensource dari internet, seringkali kita menemukan data seperti ini.

Sekiranya seperti itu, data tersebut adalah nilai checksum. Nah apasih maksud dari checksum itu? dan apa kegunaannya? Oke kita akan bahas pertanyaan tersebut.

Apa itu checksum dan apa kegunaannya?

checksum adalah beberapa digit angka atau huruf yang dihitung secara acak dari blok data digital. Checksum digunakan untuk mengecek keaslian sebuah file apakah masih asli atau sudah mengalami perubahan akibat proses transmisi, penyimpanan atau modifikasi secara sengaja. Setiap file memiliki nilai checksum yang berbeda beda. Perubahan sekecil apapun tetap akan merubah nilai checksum. Jika terdapat 2 file yang sama persis karena hasil copy-paste, maka bisa dipastikan nilai checksum yang dihasilkan adalah sama, apabila file tersebut dalam keadaan tidak rusak atau corrupt. Ada beberapa jenis checksums yang sering digunakan, diantaranya yaitu : CRC-32, MD4, MD5 dan SHA-1.

Bagaimana cara mengecek atau memvalidasi keaslian pada suatu file dengan checksum?

Ada banyak sekali aplikasi yang bisa melakukan checksum pada sebuah file. Namun pada artikel kali ini kita akan menggunakan PHP untuk mengecek keaslian pada suatu file. Kita akan menggunakan salah satu fungsi pada PHP, diantaranya yaitu :

  • md5_file() dan
  • sha1_file()

Oke jadi algoritma dasarnya seperti ini, “Jika data checksum sama dengan hasil dari melakukan checksum pada suatu file maka file tersebut dinyatakan asli, sebaliknya jika data checksum tidak sama dengan hasil melakukan checksum pada suatu file maka file tersebut dinyatakan tidak asli

Sekarang kita implementasikan algoritma tersebut kedalam kode PHP.

Apa output yang dihasilkan?

Seperti algoritma diatas “Jika data checksum sama dengan hasil dari melakukan checksum pada suatu file maka file tersebut dinyatakan asli, sebaliknya jika data checksum tidak sama dengan hasil melakukan checksum pada suatu file maka file tersebut dinyatakan tidak asli“.

Selanjutnya kita akan membungkusnya menjadi fungsi di PHP.

Contoh penggunaanya

Download file readme.txt : Download

Sekian terimakasih, semoga bermanfaat!

Nilai Artikel Ini!

You May Also Like

About the Author: Ardan

Different People

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *